Kepemimpinan muncul bersamaan dengan peradaban manusia
sejak zaman dahulu dimana orang-orang berkumpul bersama dan bekerja bersama
untuk mempertahankan eksistensi hidupnya. Sejak itulah terjadinya kerjasama
antar manusia di dunia dan munculnya unsur kepemimpinan. Kepemimpinan
merupakan suatu proses mempengaruhi perilaku yang menjadi panutan interaksi
antar pemimpin dan pengikut serta pencapaian tujuan yang lebih riil dan
komitmen bersama dalam pencapaian tujuan dan perubahan terhadap budaya
organisasi yang lebih maju. Kepemimpinan juga sering dikenal sebagai kemampuan
untuk memperoleh konsensus anggota organisasi untuk melakukan tugas manajemen
agar tujuan organisasi tercapai.
Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang mempunyai
kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya dengan
menggunakan kekuasaan. Kekuasaan merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan
mempengaruhi bawahan sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakannya.
Beberapa tipe kepemimpinan telah dikenal, di antaranya
adalah tipe kepemimpinan Karismatis. Kepemimpinan karismatik selama ini selalu
identik dengan pengamatan pemimpin di politik dan keagamaan bukan
kepemimpinan organisasi dan perusahaan. Kharisma berasal dari bahasa yunani
diartikan karuniadiispirasi ilahi (divenely inspired gift ) seperti
kemampuan meramal dimasa yang akan datang.
Agama
sebagai suatu penggerak masyarakat dalam bertindak, menjadikan suatu sistem
lain yang ada dalam masyarakat ikut merasakan kehadiran agama. hal itu terjadi
seperti salah satu contoh kasus dalam etika Protestan. Namun, tidak hanya
terdapat pada kasus tersebut, ada hal lain yang patut dan penting untuk
dianalisis terkait dengan wujud institusi agama terhadap masyarakat. Wujud
tersebut cukup jelas ketika melirik pada konsep kharismatik yang dijadikan
instrument oleh Weber dalam menganalisis peran seorang pemimpin dalam
menciptakan suatu perubahan yang radikal dan dinamis.
Konsep
kharismatik Weber tersebut tidak lepas dari pembacaan terhadap fenomena-fenomena
masyarakat akan gandrung akan seorang pemimpin yang dapat menciptakan suatu
perubahan disaat terjadi suatu kondisi krisis. Persoalan yang dihawatirkan
terhadapa konsep tersebut, yakni apakah konsep kepemimpinan kharismatik yang
melekat sifat kharismatik dapat diturunkan atau diwariskan? Serta sejauh mana
peranan kepemimpinan kharismatik dalam melakukan perubahan dalam masyarakat?
Dan pada saat apa seorang pemimpin kharismatik itu hadir? Apakah dapat dibentuk
secara mekanik atau murni (pure)? Persoalan-persoalan tersebut di atas
yang nantinya akan menjadi perbincangan kedepan dalam pembuatan makalah ini.
Oleh
karena itu, secara implisit Weber melihat suatu perubahan interaksi sosial
masyarakat terdapat factor ekternal didalam-nya yang mendorong tindakan
masyarakat untuk melakukan suatu perubahan dengan bertumpu pada intruksi dari
orang yang dipercayai dan dihormati akan menimbulkan serta melahirkan perubahan
yang inovatif-dinamis serta radikal.
Tipe kepemimpinan karismatis
memiliki kekuatan energi, daya tarik dan pembawaan yang luar biasa untuk
mempengaruhi orang lain, sehingga ia mempunyai pengikut yang sangat besar
jumlahnya dan pengawal-pengawal yang bisa dipercaya. Kepemimpinan kharismatik
dianggap memiliki kekuatan ghaib (supernatural power) dan kemampuan-kemampuan
yang superhuman, yang diperolehnya sebagai karunia Yang Maha Kuasa. Kepemimpinan yang kharismatik memiliki inspirasi,
keberanian, dan berkeyakinan teguh pada pendirian sendiri. Totalitas
kepemimpinan kharismatik memancarkan pengaruh dan daya tarik yang amat besar.
Syarifudin
Abror, yang sering dipanggil dengan sapaan akrabnya “Pak Syarif”, saat ini
beliau berusia 47 tahun. Beliau saat ini tinggal di Dusun Ngilon Desa Timahan
Kecamatan kampak Trenggalek. Beliau adalah sosok seorang tokoh kharismatis
menurut saya, kenapa? Karena beliau adalah orang yang disegani dan dihormati di
lingkungan masyarakat sekitar. Beliau juga adalah seorang guru yang sangat di
segani oleh semua murid-muridnya, imam yang sangat dihormati dan dihargai di tengah
masyarakat, seorang ayah yang sangat sayang terhadap keluarganya, dan seorang
tokoh masyarakat yang pemikirannya diterima oleh semua kalangan, semua kelompok
dan semua tingkatan masyarakat.
Di
lingkungan sekitar beliau sangat berpengaruh dan perannya juga sangat penting.
Yang pertama di bidang keagamaan, beliau adalah ketua jama’ah ta’mir mushola,
beliau juga yang telah mendirikan mushola tersebut pada tahun 2015 lalu, karena
dulu di lingkungan sekitar masih jarang ada mushola jadi harus pergi ke masjid
dan itu sangat jauh, maka dari itu beliau dengan bantuan dan kerjasama beberapa
pihak berhasil membangun mushola tersebut sehingga masyarakat di lingkungan
sekitar mudah untuk menjangkau perihal melaksanakan ibadah.
Beliau
juga adalah ketua jama’ah yasin, kegiatan keagamaan yang dari dulu sampai
sekarang yang masih terus dikembangkan yaitu seperti yasinan itu dilaksanakan
satu minggu sekali, manakiban, shalawat nariyah yang di adakan satu bulan
sekali, dan masih banyak yang lainnya. Beliau juga mendirikan sekolah TPQ untuk
belajar mengaji, bukan hanya untuk kalangan anak-anak tetapi juga untuk orang
tuanya agar belajar mengaji (yang belum bisa/lancar) dan itu dilaksanakan
setiap hari, libur pada hari jum’at. Selain dari sisi keagamaan, kegiatan ini
juga ada sisi pendidikannya.
Kemudian
dalam bidang sosial, beliau juga sangat berperan. Beliau menggerakkan
masyarakat sekitar terutama pemuda-pemudanya untuk ikut serta dalam kerja
bakti, gotong royong membuat jalan, selokan, membersihkan parit, dan jika ada
bencana alam sehingga terjadi kelongsoran di salah satu rumah warga, maka warga
lainnya wajib membantu. Dan semua kegiatan itu di adakan sewaktu-waktu jika
dibutuhkan. Selain itu beliau juga mengembangkan tradisi kebersihan, dengan
mengadakan pergerakan membuat MCK sendiri/pribadi. Karena ini di daerah
pedesaan dan pegunungan maka kesadaran masyarakat akan kebersihan biasanya
masih kurang, jika buang air besar masih sama-sama di sungai, tetapi sekarang
dengan diadakannya gerakan itu mereka bisa menggunakan fasilitas yang
dimilikinya sendiri sehingga tidak perlu lagi ke sungai.
Terbukti
bahwa beliau adalah tokoh kharismatis, dengan segala kebijakan dan kegiatan
yang diadakan, masyarakat bisa menerima dengan baik, masyarakat mengakui dan
mematuhi semua kebijakan yang dibuat.
Konsep
kharismatik (charismatic) atau kharisma (charisma) menurut Weber
lebih ditekankan kepada kemampuan pemimpin yang memiliki kekuatan luarbiasa dan
mistis. Menurutnya, ada lima faktor yang muncul bersamaan dengan kekuasaan yang
kharismatik, yaitu : Adanya seseorang yang memiliki bakat yang luarbiasa,
adanya krisis sosial, adanya sejumlah ide yang radikal untuk memecahkan krisis
tersebut, adanya sejumlah pengikut yang percaya bahwa seseorang itu memiliki
kemampuan luarbiasa yang bersifat transendental dan supranatural, serta adanya
bukti yang berulang bahwa apa yang dilakukan itu mengalami kesuksesan.
Melihat definisi di atas, Weber menggunakan istilah itu untuk menjelaskan
sebuah bentuk pengaruh yang bukan didasarkan pada tradisi atau otoritas formal
tetapi lebih atas persepsi pengikut bahwa pemimpin diberkati dengan kualitas
yang luar biasa. Sebab Menurut Weber, kharisma terjadi saat terdapat sebuah
krisis sosial, seorang pemimpin muncul dengan sebuah visi radikal yang
menawarkan sebuah solusi untuk krisis itu, pemimpin menarik pengikut yang
percaya pada visi itu, mereka mengalami beberapa keberhasilan yang membuat visi
itu terlihat dapat dicapai, dan para pengikut dapat mempercayai bahwa pemimpin
itu sebagai orang yang luar biasa.
Seorang pemimpin yang kharismatik sudah
memiliki kemampuan untuk mengakomodir rakyat, karena ia dicintai oleh rakyat. Kehadirannya sudah mendapat restu dari rakyat. Kemudian
bagaimana membawa rakyat yang fanatic tersebut kearah yang lebih baik. Mencoba
memperbaiki diri sendiri dan juga mengamalkan apa yang disebutkan nenek moyang
dahulu dengan konsep Tri dharmanya, yakni Rumongso melu handarbeni
(merasa ikut memiliki), Rumongso melu hangrukebi (merasa ikut
bertanggung jawab terhadap kehidupan bangsa) mulat sariro hangrosowani
(bersedia untuk selalu mawas diri demi perbaikan dimasa mendatang).
Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
BalasHapusSITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!