Selasa, 13 September 2016

ARTIKEL TENTANG TOKOH KHARISMATIS DI DALAM MASYARAKAT



Kepemimpinan muncul bersamaan dengan peradaban manusia sejak zaman dahulu dimana orang-orang berkumpul bersama dan bekerja bersama untuk mempertahankan eksistensi hidupnya. Sejak itulah terjadinya kerjasama antar  manusia di dunia dan munculnya unsur kepemimpinan. Kepemimpinan merupakan suatu proses mempengaruhi perilaku yang menjadi panutan interaksi antar pemimpin dan pengikut serta pencapaian tujuan yang lebih riil dan komitmen bersama dalam pencapaian tujuan dan perubahan terhadap budaya organisasi yang lebih maju. Kepemimpinan juga sering dikenal sebagai kemampuan untuk memperoleh konsensus anggota organisasi untuk melakukan tugas manajemen agar tujuan organisasi tercapai.
Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Kekuasaan merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mempengaruhi bawahan sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakannya.
Beberapa tipe kepemimpinan telah dikenal, di antaranya adalah tipe kepemimpinan Karismatis. Kepemimpinan karismatik selama ini selalu identik dengan pengamatan pemimpin di politik dan keagamaan bukan kepemimpinan organisasi dan perusahaan. Kharisma berasal dari bahasa yunani diartikan karuniadiispirasi ilahi (divenely inspired gift ) seperti kemampuan meramal dimasa yang akan datang.
Agama sebagai suatu penggerak masyarakat dalam bertindak, menjadikan suatu sistem lain yang ada dalam masyarakat ikut merasakan kehadiran agama. hal itu terjadi seperti salah satu contoh kasus dalam etika Protestan. Namun, tidak hanya terdapat pada kasus tersebut, ada hal lain yang patut dan penting untuk dianalisis terkait dengan wujud institusi agama terhadap masyarakat. Wujud tersebut cukup jelas ketika melirik pada konsep kharismatik yang dijadikan instrument oleh Weber dalam menganalisis peran seorang pemimpin dalam menciptakan suatu perubahan yang radikal dan dinamis.

Konsep kharismatik Weber tersebut tidak lepas dari pembacaan terhadap fenomena-fenomena masyarakat akan gandrung akan seorang pemimpin yang dapat menciptakan suatu perubahan disaat terjadi suatu kondisi krisis. Persoalan yang dihawatirkan terhadapa konsep tersebut, yakni apakah konsep kepemimpinan kharismatik yang melekat sifat kharismatik dapat diturunkan atau diwariskan? Serta sejauh mana peranan kepemimpinan kharismatik dalam melakukan perubahan dalam masyarakat? Dan pada saat apa seorang pemimpin kharismatik itu hadir? Apakah dapat dibentuk secara mekanik atau murni (pure)? Persoalan-persoalan tersebut di atas yang nantinya akan menjadi perbincangan kedepan dalam pembuatan makalah ini.

Oleh karena itu, secara implisit Weber melihat suatu perubahan interaksi sosial masyarakat terdapat factor ekternal didalam-nya yang mendorong tindakan masyarakat untuk melakukan suatu perubahan dengan bertumpu pada intruksi dari orang yang dipercayai dan dihormati akan menimbulkan serta melahirkan perubahan yang inovatif-dinamis serta radikal.

Tipe kepemimpinan karismatis memiliki kekuatan energi, daya tarik dan pembawaan yang luar biasa untuk mempengaruhi orang lain, sehingga ia mempunyai pengikut yang sangat besar jumlahnya dan pengawal-pengawal yang bisa dipercaya. Kepemimpinan kharismatik dianggap memiliki kekuatan ghaib (supernatural power) dan kemampuan-kemampuan yang superhuman, yang diperolehnya sebagai karunia Yang Maha Kuasa. Kepemimpinan yang kharismatik memiliki inspirasi, keberanian, dan berkeyakinan teguh pada pendirian sendiri. Totalitas kepemimpinan kharismatik memancarkan pengaruh dan daya tarik yang amat besar.
            Syarifudin Abror, yang sering dipanggil dengan sapaan akrabnya “Pak Syarif”, saat ini beliau berusia 47 tahun. Beliau saat ini tinggal di Dusun Ngilon Desa Timahan Kecamatan kampak Trenggalek. Beliau adalah sosok seorang tokoh kharismatis menurut saya, kenapa? Karena beliau adalah orang yang disegani dan dihormati di lingkungan masyarakat sekitar. Beliau juga adalah seorang guru yang sangat di segani oleh semua murid-muridnya, imam yang sangat dihormati dan dihargai di tengah masyarakat, seorang ayah yang sangat sayang terhadap keluarganya, dan seorang tokoh masyarakat yang pemikirannya diterima oleh semua kalangan, semua kelompok dan semua tingkatan masyarakat.
            Di lingkungan sekitar beliau sangat berpengaruh dan perannya juga sangat penting. Yang pertama di bidang keagamaan, beliau adalah ketua jama’ah ta’mir mushola, beliau juga yang telah mendirikan mushola tersebut pada tahun 2015 lalu, karena dulu di lingkungan sekitar masih jarang ada mushola jadi harus pergi ke masjid dan itu sangat jauh, maka dari itu beliau dengan bantuan dan kerjasama beberapa pihak berhasil membangun mushola tersebut sehingga masyarakat di lingkungan sekitar mudah untuk menjangkau perihal melaksanakan ibadah.
            Beliau juga adalah ketua jama’ah yasin, kegiatan keagamaan yang dari dulu sampai sekarang yang masih terus dikembangkan yaitu seperti yasinan itu dilaksanakan satu minggu sekali, manakiban, shalawat nariyah yang di adakan satu bulan sekali, dan masih banyak yang lainnya. Beliau juga mendirikan sekolah TPQ untuk belajar mengaji, bukan hanya untuk kalangan anak-anak tetapi juga untuk orang tuanya agar belajar mengaji (yang belum bisa/lancar) dan itu dilaksanakan setiap hari, libur pada hari jum’at. Selain dari sisi keagamaan, kegiatan ini juga ada sisi pendidikannya.
            Kemudian dalam bidang sosial, beliau juga sangat berperan. Beliau menggerakkan masyarakat sekitar terutama pemuda-pemudanya untuk ikut serta dalam kerja bakti, gotong royong membuat jalan, selokan, membersihkan parit, dan jika ada bencana alam sehingga terjadi kelongsoran di salah satu rumah warga, maka warga lainnya wajib membantu. Dan semua kegiatan itu di adakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Selain itu beliau juga mengembangkan tradisi kebersihan, dengan mengadakan pergerakan membuat MCK sendiri/pribadi. Karena ini di daerah pedesaan dan pegunungan maka kesadaran masyarakat akan kebersihan biasanya masih kurang, jika buang air besar masih sama-sama di sungai, tetapi sekarang dengan diadakannya gerakan itu mereka bisa menggunakan fasilitas yang dimilikinya sendiri sehingga tidak perlu lagi ke sungai.
            Terbukti bahwa beliau adalah tokoh kharismatis, dengan segala kebijakan dan kegiatan yang diadakan, masyarakat bisa menerima dengan baik, masyarakat mengakui dan mematuhi semua kebijakan yang dibuat.
Konsep kharismatik (charismatic) atau kharisma (charisma) menurut Weber lebih ditekankan kepada kemampuan pemimpin yang memiliki kekuatan luarbiasa dan mistis. Menurutnya, ada lima faktor yang muncul bersamaan dengan kekuasaan yang kharismatik, yaitu : Adanya seseorang yang memiliki bakat yang luarbiasa, adanya krisis sosial, adanya sejumlah ide yang radikal untuk memecahkan krisis tersebut, adanya sejumlah pengikut yang percaya bahwa seseorang itu memiliki kemampuan luarbiasa yang bersifat transendental dan supranatural, serta adanya bukti yang berulang bahwa apa yang dilakukan itu mengalami kesuksesan.
            Melihat definisi di atas, Weber menggunakan istilah itu untuk menjelaskan sebuah bentuk pengaruh yang bukan didasarkan pada tradisi atau otoritas formal tetapi lebih atas persepsi pengikut bahwa pemimpin diberkati dengan kualitas yang luar biasa. Sebab Menurut Weber, kharisma terjadi saat terdapat sebuah krisis sosial, seorang pemimpin muncul dengan sebuah visi radikal yang menawarkan sebuah solusi untuk krisis itu, pemimpin menarik pengikut yang percaya pada visi itu, mereka mengalami beberapa keberhasilan yang membuat visi itu terlihat dapat dicapai, dan para pengikut dapat mempercayai bahwa pemimpin itu sebagai orang yang luar biasa.
Seorang pemimpin yang kharismatik sudah memiliki kemampuan untuk mengakomodir rakyat, karena ia dicintai oleh rakyat. Kehadirannya sudah mendapat restu dari rakyat. Kemudian bagaimana membawa rakyat yang fanatic tersebut kearah yang lebih baik. Mencoba memperbaiki diri sendiri dan juga mengamalkan apa yang disebutkan nenek moyang dahulu dengan konsep Tri dharmanya, yakni Rumongso melu handarbeni (merasa ikut memiliki), Rumongso melu hangrukebi (merasa ikut bertanggung jawab terhadap kehidupan bangsa) mulat sariro hangrosowani (bersedia untuk selalu mawas diri demi perbaikan dimasa mendatang).

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus