Rabu, 05 Oktober 2016

HASIL PENGAMATAN OBSERVASI KLINIK ROMO WIJOYO DAN 3 OBJEK LEMBAGA SOSIAL LAINNYA





Hello !
Di catatan artikel kali ini saya akan sedikit memaparkan hasil observasi salah satu Lembaga Pelayanan Masyarakat perihal memenuhi tugas mata kuliah sosiologi hukum. Baik hasil observasi saya sendiri maupun hasil observasi dari teman-teman kelompok 2 yang lainnya.
A.     Kemarin saya memilih sebuah klinik untuk di jadikan objeknya, tepatnya yaitu KLINIK PRATAMA ROMO WIJOYO yang bertempat di Gandusari Trenggalek.
1.   Nama lembaga : KLINIK PRATAMA ROMO WIJOYO
2.   Motto lembaga : Kesembuhan Anda Adalah Senyum dan Kebahagiaan Kami
3.   Jenis pelayanan yang di sediakan / di tangani
- Rawat jalan
- Rawat inap
- Laboratorium
- Pengurusan Surat keterangan sehat dari dokter
4.   Sarana / fasilitas
- Ambulance
- Mushola
- TV di ruang tunggu
- Computer
- Apotek
- Kamar kelas biasa dan VIP (kamar mandi dalam, TV, sofa)
- Ada seorang pesuruh yang  siap di mintai tolong sewaktu-watu
- Makan sehari 3x untuk pasien rawat inap.
5.   Struktur organisasi
- Direktur/penanggung jawab : dr. Mohammad Ravi Tanwirul afkara
- Administrasi : Trisna Adiyanti
- Kepegawaian : Hadi Wiyoto
- Umum : Siti Mukharomah
- Pelayanan medic & keperawatan (IRD) : dr. Devi Mavika
- Pelayanan medic & keperawatan (poli rawat jalan) : dr. Sonya
- Pelayanan medic & keperawatan (ruang keperawatan) : Lilis Fitriani
- Pelayanan penunjang : Fitria Damayanti
- Instalasi farmasi : Sudarti
- Labolatorium : Evi Hendi
- Gizi : Arum
- Jasa antar : M. ahmadi
- Satpam : Eko Budiono
- Laundry : Sukiyan

Ada berbagai jenis masyarakat, dari yang miskin, menengah hingga yang kaya. Otomatis dari segi pakaian yang dikenakan, kendaraan yang di tumpangi, jabatan yang dimiliki, gudget, asesoris yang dikenakan, bahkan sampai cara berbicara yang berbeda. Dari pihak pasien ataupun pegawai/perawat yang berinteraksi di sini pasti juga memiliki perbedaan social. Tetapi menurut pengamat, meskipun mereka berbeda tetapi tetap saling menghargai satu sama lain, tidak di beda-bedakan dan di sama ratakan dalam melayani.
Petugas dan perawat nya sangat ramah dan cakap, mereka melayani dengan memberikan senyuman dan tutur kata yang lembut. Mereka juga sangat cakap, misalnya ada pasien darurat ataupun ada pasien yang membutuhkan sesuatu, maka mereka cepat tanggap mengatasi dan memberikan bantuan.
Komentar masyarakat tentang pelayanan di klinik romo wijoyo yaitu, yang pertama daripihak perawatnya, masyarakat mengatakan ada yang ramah dan juga biasa saja. Menurut mereka dokternya pun sangat baik, ramah dan humoris. Baik pasien yang miskin / kaya, pelayanannya disamakan, tidak di beda-bedakan, tidak ada diskriminasi. Contohnya pada saat antri mau periksa, mereka yang daftar terlebih dahulu juga akan di layani/diperiksa terlebih dahulu, lepas dari itu si kaya/ si miskin. Semua dilayani dengan baik.
Kemarin waktu observasi pun saya juga di layani dengan baik, meskipun pada saat jam kerja dan mere lagi sibuk, tetapi saat saya mintai wawancara mereka tetap melayani dengan ramah dan sabar. Saya juga sempat minta izin langsung dengan dokternya, dan dia menanggapi dengan ramah dan baik.  

B.     Yang kedua hasil pengamatan dari saudara Anam, kali ini Kantor Kepala Desa Baruharjo yang di jadikan objeknya.
1.      Nama lembaga : Kantor Kepala Desa Baruharjo
2.      Motto lembaga : Baruharjo OK
3.      Jenis pelayanan yang di sediakan / di tangani
-          Administrative
-          Posyandu balita
-          Posyandu lansia
-          E-KTP
-          SKCK
-          SKTM
-          Surat baru kerja
-          Surat perkawinan
-          Sertifikat, dll.
4.      Sarana / fasilitas
-          Mobil patrol
-          Laptop (2 unit)
-          Computer
-          Kursi sebanyak 100
-          Iventaris motor
5.      Nama-nama dusun (terdiri dari 16 RW dan 4 RT)
-          Dempok
-          Jetak
-          Baru klinting I
-          Baru klinting II
Kegiatan mingguan yang diadakan di desa baruharjo ini diantaranya setiap hari jumat mengadakan gotong-royong dan setiap hari senin rapat evaluasi desa.
Menurut  warga setempat pelayanan di desa ini sudah baik, petugasnya pun ramah dan tidak membeda-bedakan. Tapi ada suatu keluhan yang di lontarkan oleh masyarakat yaitu tidak meratanya pembagian bantuan kepada rakyat yang tidak mampu.  Ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh pihak desa, karena ini menyangkut kebutuhan seseorang yang seharusnya menjadi haknya. Tapi selebihnya pelayanan di desa baruharjo ini sudah sangat baik.

C.     Yang ketiga hasil observasi dari saudara afif, yang menjadi objeknya adalah Bank BRI Pusat Tulungagung
1.      Nama lembaga : Bank BRI Pusat Tulungagung
2.      Jenis pelayanan yang di sediakan / di tangani
-          Pelayanan nasabah
-          Pelayanan kas
-          Pelayanan kliring
-          RTGS
-          Lembaga penjamin simpanan
3.      Symbol : Logo Bank BRI, Lembaga Penjamin Simpanan, Mitra Layanan Taspen
4.      Fasilitas : ATM

Pelayanan di Bank BRI Pusat juga cukup baik, petugasnya ramah dan tidak ada unsur diskriminasi. Ada sebagian yang bersikap cuek tapi itu hanya sebagian kecil, selebihnya sudah baik. Dia mendapat salah satu informasi dari temannya yang pernah berurusan di kantor BRI pusat bahwa menurutnya pelayanannya sudah ramah dan tidak ada unsur diskriminasi.

D.     Dan yang terakhir hasil observasi dari saudari Azizatul Maghfiroh, kali ini objeknya aalah kantor kepala desa Tunggulsari. ebuah desa yang terdiri dari 3 dusun, yakni dusun Sekarsari, dusun Mekarsari, dan dusun Sumbersari . terdiri dari 41RT dari 8 RW.
1.      Nama lembaga : Kantor Kepala Desa Tunggulsari
2.      Motto lembaga : Meningkatkan pelyanan pada masyarakat, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi.
3.      Jenis pelayanan yang di sediakan / di layani
-          SKTM
-          Surat keterangan kelahiran
-          Surat keterangan kematian
-          Pengurusan KTP
-          Dan surat lainnya.
4.      Jenis kegiatan
-          PKK setiap minggu ke-3
-          Karang taruna
-          Posyandu
-          PKK RT
-          Yasinan setiap dusun
-          Pertemuan RT
5.      Sarana / fasilitas
-          Computer
-          Proyektor
-          Sound system

Pelayanan di desa tunggulsari sangat baik, karena semua pegawainya ramah. Begitu juga dengan kepala desanya, beliau sangat ramah dan welcome kepada setiap tamu yang datang. Tidak membedakan apakah itu dari kalangan bawah ataupun atas tidak di beda-bedakan. Menurut salah satu pegawai yang di wawancarai, bahwa pada saat tidak pada jam kerja ataupun pada saat hari libur, jika ada masyarakat yang ada kepentingan atau membutuhkan sesuatu, maka pihak desa siap melayani.
Masyarakat yang datang pun rata-rata juga dari kalangan yang sama, dari gaya berpakaian dan kendaraan, ada yang naik motor ada yang naik sepeda. Tetapi meskipun begitu pelayanannya tetap sama tidak ada perbedaan.
Menurut masyarakat setempat, mereka puas dengan pelayanannya. Kepala desa serta jajarannya juga sangat ramah. Hanya saja ada masalah sedikit, terkait dengan RT, ada RT yang cekatan da nada yang kurang cekatan atau masa bodoh, contohnya jika ada bantuan untuk masyarakat, dan seharusnya ketua RT mendata, tapi dia tidak mendata masyarakat, akhirnya masyarakat yang seharusnya mendapat bantuan jadi tidak mendapat dan bantuannya tidak sampai tujuannya. Selebihnya itu pelayanan sudah sangat baik.
Sekian sekilas penjelasan dari hasl observasi kelompok kami, semoga bermanfaat. Tankyouuuu !

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus