Selasa, 06 Desember 2016

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI PADA POLA KEHIDUPAN ANAK MASA KINI



Berdasakan gambar yang disajikan kepada kelompok kami di situ ada dua gambar, yang pertama gambar anak-anak yang sedang bermain permainan tradisional dan yang kedua ada gambar di situ ada anak yang bermain permainan modern (game online di komputer). Itu merupakan perubahan sosial karena faktor terbesar perubahan sosial itu adalah teknologi seperti alat elektronik khususnya, jadi perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut bisa mempengaruhi perubahan sosial. Dengan adanya kemajuan teknologi pada abad modern ini, menawarkan banyak sekali kemudahan dalam berbagai aktifitas manusia. Diantaranya adalah kemajuan informasi dan komunikasi yang bersifat global. Orang-orang akan sangat mudah untuk mendapatkan informasi, tanpa harus memperhitungkan batas wilayah dan negara.  Selain di tandai semakan mudahnya mendapatkan informasi dari belahan bumi lain, kemajuan teknologi juga dimanfaatkan sebagai media hiburan. Saat ini, banyak orang-orang, terutama kalangan anak-anak yang memanfaatkan teknologi ini untuk hiburan, salah satunya bermain games online.

Dalam permainan tradisional di situ sangat jelas tergambar sebuah kebersamaan, mereka sangat menikmati permainan dan terlihat sangat ceria, dan mereka pastinya saling mengenal satu sama lain, berbeda dengan anak zaman sekarang mereka menjadi asik bermain sendiri dan meskipun mereka berada di tempat yang sama belum tentu mereka saling mengenal dan saling menyapa. Karena teknologi semakin canggih dan di situ tersedia banyak fitur-fitur berbagai pilihan game yang menarik jadi perlahan secara tidak sadar mereka beralih kepada game-game tersebut yang menurut mereka itu lebih menarik. Dan karena mayoritas zaman sekarang hampir setiap orang memiliki gudget yang canggih jadi mereka bisa dengan mudah mengakses game apapun yang mereka inginkan. Jika kita kembali pada beberapa tahun kebelakang. Jarang sekali orang dapat bermain Games Online. Dikarenakan masa itu internet hanya tersedia di kota-kota besar. Selain itu jumlah manusia yang memiliki komputer dan handphone sangat terbatas. Hanya orang-orang golongan kelas atas dan kalangan bisnis yang memiliki fasilitas tersebut. Sedangkan, sekarang hampir semua orang menggenggam Smartphone di tangan, tidak terkecuali anak-anak

Dengan adanya fasilitas komputer dan smartphone itulah anak-anak senang bermain games online di internet. Meskipun memiliki banyak efek positif seperti membuat anak lebih fokus dan bekonsentrasi, namun bukan bearti kita boleh melupakan efek negatif dari Games Online tersebut. Salah satu efek negatif dari permainan tersebu erat kaitanya dengan relasi sosial. Pada zaman dahulu, anak-anak akan sangat aktif dalam bermain kelompok sehingga terjalin hubungan sosial yang kuat. Saya mengambil contoh seperti anak-anak akan bermain gasing dan layangan. Permainan tersebut tentu saja tidak menyenangkan jika hanya dimaiinkan sendiri. Sehingga dari kecil anak-anak sudah terbiasa melakukan hubungan sosial. Selain diajarkan peka dalam hubungan sosial, permainan tersebut juga meningkatkan kreatifitas anak dalam menciptakan sesuatu. Sehingga anak-anak yang telah terbiasa melakukan itu secara mandiri, mereka secara tidak lansung telah belajar sesuatu hal yang besar yaitu mereka diajarkan untuk lebih menghargai suatu proses.

Namun di zaman modern ini, permainan tradisional itu berlahan mulai di tinggalkan. Anak-anak akan cenderung untuk memilih permainan instant, yang tentunya lebih mudah. Jika mereka memiliki komputer dan smartphone, maka mereka cukup men-download games yang menjamur di internet. Setelah itu permainan tersebut sudah dapat dimainkan. Beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan dari games online tersebut adalah semakin berkurangnya hubungan sosial terhadap lingkungan sekitar. Jadi, sudah menjadi rahasia umum bahwa anak-anak sekarang lebih bersifat individualis dari pada anak-anak zaman dulu. Dalam bermain games online tersebut, tentu saja anak dituntut untuk fokus, sehingga anak-anak akan menghindar dari keramaian agar dapat berkonsentrasi dalam permainan tersebut. Karena itulah, anak-anak zaman sekarang cenderung kurang dalam relasi, karena dari kecil mereka telah belajar untuk melakukan permainan tersebut secara sendiri-sendiri. Selain itu anak-anak akan lupa waktu.  Dikatakan dengan menjamur games online membuat anak-anak lupa waktu, karena berbeda dengan anak-anak zaman dulu yang bermain di lingkungan alam sehingga terbata swaktu pada siang saja. sedangkan pada zaman sekarang anak akan mudah bermain kapan saja dan dimana saja, jadi tidak mengherankan jika anak-anak sekarang banyak menghabiskan waktunya untuk bermain, tidak perduli siang ataupun malam hari.

Saya rasa itu bukan hanya anak kecil tetapi orang dewasa pun juga begitu, saya rasa contoh perilaku yang mencerminkan hal seperti itu sudah banyak kita temui di lingkungan sekitar kita jadi interaksi sosial itu di zaman sekarang bisa dikatakan sangat berkurang, mereka lebih cenderung bersikap individualisme.  Tapi di sisi itu menurut saya bahwa kita tidak bisa hanya memandang sisi negatif nya saja, ada sisi positif yang kita juga harus ketahui. Selain belajar untuk fokus tetapi dari penggunaan alat-alat elektronik tersebut dan disertai dengan fasilitas internet itu kita bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif juga, contohnya seperti gudget tersebut sekarang sudah bisa di isi dengan berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi education membaca, menulis, menggambar, tebak gambar, berbagai video atau film anak-anak, itu sebenarnya bisa dimanfaatkan karena Gudget atau komputer tersebut juga sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana, pastinya dimanapun kita berada sewaktu-waktu kita bisa mengakses dan membukanya. Sebenarnya kalau di ambil dari sisi positifnya ini bisa memudahkan para orang tua untuk menunjang tumbuh kembang si anak tersebut.

Karena zaman yang semakin maju dan tuntutan zaman juga, semakin kesini semakin banyaknya produk-produk teknologi yang semakin canggih, jadi kita tidak bisa menyalahkan anak sepenuhnya begitu saja, sebenarnya ada pentingnya juga mengenalkan anak kepada peralatan teknologi khususnya alat-alat elektronik tersebut, karena kita dituntut untuk mengikuti zaman tujuannya supaya mereka tidak tertinggal (kudet). Tetapi di samping itu orang tua juga tetap harus mendampingi dan mengontrolnya, agar setiap informasi dan segala macam yang diterimanaya tidak ditelan secara mentah-mentah dan terhindar sejauh mungkin dari hal-hal yang negatif. Orang tua juga harus pintar mengatur waktu antara kewajibannya untuk belajar dan waktunya untuk keluarga.

Mungkin kalau seperti permainan tradisional tersebut pada zaman sekarang kan sudah sangat jarang ditemui, dan karena kemajuan zaman juga jadi kita tidak bisa memungkiri kalau anak-anak sekarang sudah banyak yang meninggalkan permainan tradisional dan beralih ke permainan modern. Dan yang paling mempengaruhi itu adalah faktor lingkungan, dimana yang dulu mereka bermain bersama dengan teman sebaya, sekarang menjadi asik dengan permainan mereka sendiri-sendiri. Dan tentunya itu semua juga tidak lepas dari pengawasan orang tua. 

Itulah beberapa perbedaan permainan anak-anak zaman dulu dan sekarang, serta efek yang ditimbulkanya. Efek dari permaina tersebut, juga secara lansung ataupun tidak, berpengaruh terhadap perilaku anak. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, anak-anak zaman dulu akan lebih memiliki sifat sosial yang tinggi dari anak-anak zaman sekarang. Dikarenakan mereka telah belajar hal itu secara alami dari teman dan lingkungan, sedangkan anak sekarang akan lebih tertutup karena, dalam permainan mereka dituntuk untuk fokus pada permainan tersebut. Mereka akan menjauh dari keramaian jika merasa terganggu. Intinya, permainan games online itu bisa menjadi hal positif (melatih anak untuk fokus dan konsentrasi) jika kita tidak menjadikanya alasan untuk membatasi anak terhadap linkungan sosial dan krteatifitas. Selain itu permainan tradisonal juga jangan ditinggalkan. Selain dapat membangun nilai sosial, ini juga menjadi identitas kebudayaan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar