Berdasakan gambar yang disajikan
kepada kelompok kami di situ ada dua gambar, yang pertama gambar anak-anak yang
sedang bermain permainan tradisional dan yang kedua ada gambar di situ ada anak
yang bermain permainan modern (game online di komputer). Itu merupakan
perubahan sosial karena faktor terbesar perubahan sosial itu adalah teknologi
seperti alat elektronik khususnya, jadi perkembangan teknologi yang semakin
canggih tersebut bisa mempengaruhi perubahan sosial. Dengan adanya kemajuan teknologi pada
abad modern ini, menawarkan banyak sekali kemudahan dalam berbagai aktifitas
manusia. Diantaranya adalah kemajuan informasi dan komunikasi yang bersifat
global. Orang-orang akan sangat mudah untuk mendapatkan informasi, tanpa harus
memperhitungkan batas wilayah dan negara. Selain di tandai semakan mudahnya
mendapatkan informasi dari belahan bumi lain, kemajuan teknologi juga
dimanfaatkan sebagai media hiburan. Saat ini, banyak orang-orang, terutama
kalangan anak-anak yang memanfaatkan teknologi ini untuk hiburan, salah satunya
bermain games online.
Dalam permainan tradisional di
situ sangat jelas tergambar sebuah kebersamaan, mereka sangat menikmati
permainan dan terlihat sangat ceria, dan mereka pastinya saling mengenal satu
sama lain, berbeda dengan anak zaman sekarang mereka menjadi asik bermain
sendiri dan meskipun mereka berada di tempat yang sama belum tentu mereka
saling mengenal dan saling menyapa. Karena teknologi semakin canggih dan di
situ tersedia banyak fitur-fitur berbagai pilihan game yang menarik jadi
perlahan secara tidak sadar mereka beralih kepada game-game tersebut yang
menurut mereka itu lebih menarik. Dan karena mayoritas zaman sekarang hampir
setiap orang memiliki gudget yang canggih jadi mereka bisa dengan mudah
mengakses game apapun yang mereka inginkan. Jika kita kembali pada beberapa tahun
kebelakang. Jarang sekali orang dapat bermain Games Online. Dikarenakan masa
itu internet hanya tersedia di kota-kota besar. Selain itu jumlah manusia yang
memiliki komputer dan handphone sangat terbatas. Hanya orang-orang golongan
kelas atas dan kalangan bisnis yang memiliki fasilitas tersebut. Sedangkan,
sekarang hampir semua orang menggenggam Smartphone di tangan, tidak terkecuali
anak-anak.
Dengan
adanya fasilitas komputer dan smartphone itulah anak-anak senang bermain games
online di internet. Meskipun memiliki banyak efek positif seperti membuat anak
lebih fokus dan bekonsentrasi, namun bukan bearti kita boleh melupakan efek
negatif dari Games Online tersebut. Salah satu efek negatif dari permainan
tersebu erat kaitanya dengan relasi sosial. Pada zaman dahulu, anak-anak akan
sangat aktif dalam bermain kelompok sehingga terjalin hubungan sosial yang
kuat. Saya mengambil
contoh seperti anak-anak akan bermain gasing dan layangan. Permainan
tersebut tentu saja tidak menyenangkan jika hanya dimaiinkan sendiri. Sehingga
dari kecil anak-anak sudah terbiasa melakukan hubungan sosial. Selain diajarkan
peka dalam hubungan sosial, permainan tersebut juga meningkatkan kreatifitas
anak dalam menciptakan sesuatu. Sehingga anak-anak yang telah terbiasa
melakukan itu secara mandiri, mereka secara tidak lansung telah belajar sesuatu
hal yang besar yaitu mereka diajarkan untuk lebih menghargai suatu proses.
Namun
di zaman modern ini, permainan tradisional itu berlahan mulai di tinggalkan.
Anak-anak akan cenderung untuk memilih permainan instant, yang tentunya lebih
mudah. Jika mereka memiliki komputer dan smartphone, maka mereka cukup
men-download games yang menjamur di internet. Setelah itu permainan tersebut sudah
dapat dimainkan. Beberapa efek negatif yang dapat ditimbulkan dari games online
tersebut adalah semakin berkurangnya hubungan sosial terhadap lingkungan
sekitar. Jadi, sudah menjadi rahasia umum bahwa anak-anak sekarang lebih
bersifat individualis dari pada anak-anak zaman dulu. Dalam bermain games
online tersebut, tentu saja anak dituntut untuk fokus, sehingga anak-anak akan
menghindar dari keramaian agar dapat berkonsentrasi dalam permainan tersebut.
Karena itulah, anak-anak zaman sekarang cenderung kurang dalam relasi, karena
dari kecil mereka telah belajar untuk melakukan permainan tersebut secara
sendiri-sendiri. Selain itu anak-anak akan lupa waktu. Dikatakan dengan
menjamur games online membuat anak-anak lupa waktu, karena berbeda dengan
anak-anak zaman dulu yang bermain di lingkungan alam sehingga terbata swaktu
pada siang saja. sedangkan pada zaman sekarang anak akan mudah bermain kapan
saja dan dimana saja, jadi tidak mengherankan jika anak-anak sekarang banyak
menghabiskan waktunya untuk bermain, tidak perduli siang ataupun malam hari.
Saya rasa itu bukan hanya anak
kecil tetapi orang dewasa pun juga begitu, saya rasa contoh perilaku yang
mencerminkan hal seperti itu sudah banyak kita temui di lingkungan sekitar kita
jadi interaksi sosial itu di zaman sekarang bisa dikatakan sangat berkurang,
mereka lebih cenderung bersikap individualisme. Tapi di sisi itu menurut saya bahwa kita tidak
bisa hanya memandang sisi negatif nya saja, ada sisi positif yang kita juga
harus ketahui. Selain belajar untuk fokus tetapi dari penggunaan alat-alat
elektronik tersebut dan disertai dengan fasilitas internet itu kita bisa
memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif juga, contohnya seperti gudget
tersebut sekarang sudah bisa di isi dengan berbagai macam aplikasi, seperti
aplikasi education membaca, menulis, menggambar, tebak gambar, berbagai video
atau film anak-anak, itu sebenarnya bisa dimanfaatkan karena Gudget atau
komputer tersebut juga sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana, pastinya dimanapun
kita berada sewaktu-waktu kita bisa mengakses dan membukanya. Sebenarnya kalau
di ambil dari sisi positifnya ini bisa memudahkan para orang tua untuk
menunjang tumbuh kembang si anak tersebut.
Karena zaman yang semakin maju dan
tuntutan zaman juga, semakin kesini semakin banyaknya produk-produk teknologi
yang semakin canggih, jadi kita tidak bisa menyalahkan anak sepenuhnya begitu
saja, sebenarnya ada pentingnya juga mengenalkan anak kepada peralatan
teknologi khususnya alat-alat elektronik tersebut, karena kita dituntut untuk
mengikuti zaman tujuannya supaya mereka tidak tertinggal (kudet). Tetapi di
samping itu orang tua juga tetap harus mendampingi dan mengontrolnya, agar
setiap informasi dan segala macam yang diterimanaya tidak ditelan secara mentah-mentah
dan terhindar sejauh mungkin dari hal-hal yang negatif. Orang tua juga harus
pintar mengatur waktu antara kewajibannya untuk belajar dan waktunya untuk
keluarga.
Mungkin kalau seperti permainan
tradisional tersebut pada zaman sekarang kan sudah sangat jarang ditemui, dan
karena kemajuan zaman juga jadi kita tidak bisa memungkiri kalau anak-anak
sekarang sudah banyak yang meninggalkan permainan tradisional dan beralih ke
permainan modern. Dan yang paling mempengaruhi itu adalah faktor lingkungan,
dimana yang dulu mereka bermain bersama dengan teman sebaya, sekarang menjadi
asik dengan permainan mereka sendiri-sendiri. Dan tentunya itu semua juga tidak
lepas dari pengawasan orang tua.
Itulah
beberapa perbedaan permainan anak-anak zaman dulu dan sekarang, serta efek yang
ditimbulkanya. Efek dari permaina tersebut, juga secara lansung ataupun tidak,
berpengaruh terhadap perilaku anak. Seperti yang telah disinggung sebelumnya,
anak-anak zaman dulu akan lebih memiliki sifat sosial yang tinggi dari
anak-anak zaman sekarang. Dikarenakan mereka telah belajar hal itu secara alami
dari teman dan lingkungan, sedangkan anak sekarang akan lebih tertutup karena,
dalam permainan mereka dituntuk untuk fokus pada permainan tersebut. Mereka
akan menjauh dari keramaian jika merasa terganggu. Intinya, permainan games
online itu bisa menjadi hal positif (melatih anak untuk fokus dan konsentrasi)
jika kita tidak menjadikanya alasan untuk membatasi anak terhadap linkungan
sosial dan krteatifitas. Selain itu permainan tradisonal juga jangan
ditinggalkan. Selain dapat membangun nilai sosial, ini juga menjadi identitas
kebudayaan kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar